SELAMAT DATANG DI WEBSITE DS.KIYONTEN KEC.KASREMAN KAB.NGAWI <<<< SELAMAT HARI RAYA IDHUL ADHA 1445 H

Artikel

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Posyandu di Desa Kiyonten

20 Maret 2023 14:59:33  SUPARNO  3.910 Kali Dibaca  Berita Desa

kiyonten.desa.id - Pemerintah Desa Kiyonten, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi, adakan program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) secara rutin setiap bulan di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang tersebar di wilayah Desa Kiyonten. Program ini bertujuan untuk menjaga kesehatan bayi dan balita, memastikan tumbuh kembang anak sesuai dengan umurnya, dan mencegah stunting.

Stunting adalah kondisi terhambatnya pertumbuhan anak karena kekurangan gizi dalam waktu 1000 hari kehidupan pertama atau selama 3 tahun. Akibatnya sangat mengkhawatirkan. Sehingga institusi kesehatan nasional maupun internasional mengimbau Posyandu (Pos Pelayanan Keluarga Berencana - Pelayanan Terpadu) untuk mencukupi gizi dengan program Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) adalah kegiatan pemberian makanan kepada balita dalam bentuk kudapan yang aman dan bermutu beserta kegiatan pendukung lainnya dengan memperhatikan aspek mutu dan keamanan pangan, serta mengandung nilai gizi yang sesuai dengan kebutuhan sasaran.

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) ada dua macam yaitu Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pemulihan dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) penyuluhan. Memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh balita.

Dalam menjalankan program PMT setiap bulannya, Ibu-ibu Kader di Desa Kiyonten menjadi ujung tombak yang menjadi pelaksana dilapangan dan berperan dalam memastikan kegiatan PMT berjalan lancar dan dapat memberikan manfaat bagi balita yang membutuhkan.

Menu yang disajikan pada kegiatan PMT setiap bulannya cukup beragam dan bergizi. Menu PMT Posyandu balita, biasanya memang diproduksi atau dibuat sesuai dengan ketersediaan bahan di daerah masing-masing. Semua menu tersebut dipilih dengan pertimbangan gizi yang diperlukan oleh balita.

Banyak masyarakat yang merespon positif program PMT ini, terutama para ibu balita yang merasa senang dengan adanya kegiatan ini. Mereka berharap program ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi balita di Desa Kiyonten.

Dengan adanya program PMT ini, diharapkan bahwa kesehatan Balita di Desa Kiyonten dapat terus terjaga dan meningkat serta program ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next