SELAMAT DATANG DI WEBSITE DS.KIYONTEN KEC.KASREMAN KAB.NGAWI <<<< DIRGAHAYU KE-79 REPUBLIK INDONESIA

Artikel

Atasi Kejadian Luar Biasa (KLB), Sub Pin Polio Dilakukan Serentak Di Desa Kiyonten

15 Januari 2024 10:08:11  SUPARNO  121 Kali Dibaca  Berita Desa

kiyonten.desa.idUpaya menanggulangi Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio di Desa Kiyonten, Bidan Desa Kiyonten, Eka Vira Amd.Keb bersama kader posyandu di Desa Kiyonten laksanakan imunisasi tambahan yang dikenal dengan Sub Pekan Imunisasi Polio (Sub Pin Polio) serentak pada Senin (15/01/2024).

Terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) yaitu kasus lumpuh layu dengan gejala awal diantaranya Demam, kelelahan, sakit kepala, muntah, kekakuan dilher dan nyeri ditungkai dan muncul setelah 7-10 hari setelah terinfeksi (rentang 4-35 hari). Kejadian Luar Biasa (KLB) yang telah ditemukan di Kabupaten Pamekasan, Sampang, Klaten beberapa waktu yang lalu, menjadi faktor utama dilaksanakan Imunisasi tambahan ini.

Kegiatan imunisasi tambaha atau Sub Pin Polio dilakukan di semua Posyandu, satuan pendidikan Paud dan TK, SD di Desa Kiyonten dibawah koordinasi Puskesmas Kasreman. Di tinjau langsung oleh Ayik selaku Camat Kasreman dan Kepala Puskesmas Kasreman bersama tim dengan didampingi Bhabinkatibmas Desa Kiyonten, kegiatan imunisasi tambahan dilakukan mulai pukul 08.00 WIB.

Sesuai dengan pengumuman yang mendasar pada surat kemenkes RI IM.02.03/1051/2023 sehubungan dengan pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (SUB PIN) dalam rangka penanggulangan KLB polio Cvdpv2 bahwa pelaksanaan imunisasi tambahan ini dilaksanakan dua putaran, yaitu putaran 1 pada tanggal 15-21 januari 2024 dan putaran ke 2 pada tanggal 19-25 februari 2024.

Sementara itu, Dirjen Pencegahan dan Pengedalian Penyakit dr.Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan bahwa Pemberian imunisasi tambahan ini ditargetkan kepada anak-anak usia 0-7 tahun 11 bulan 29 hari dengan menggunakan vaksin generasi terbaru, yaitu Novel Oral Polio Vaksin tipe 2 atau Nopv2 yang diberikan sebanyak 2 tetes dengan interval minimal satu bulan. Imunisasi tambahan ini tanpa memandang status imunisasi sebelumnya, meskipun status imunisasi sudah lengkap, anak tetap harus mengikuti program Sub PIN Polio.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Legokulon - Kiyonten KM 4,5
Desa : Kiyonten
Kecamatan : Kasreman
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desakiyonten@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:72
    Kemarin:373
    Total Pengunjung:133.854
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.148.106.164
    Browser:Mozilla 5.0