SELAMAT DATANG DI WEBSITE DS.KIYONTEN KEC.KASREMAN KAB.NGAWI <<<< SELAMAT HARI RAYA IDHUL FITRI 1445 H <<<< MINAL AIDIN WAL FAIZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Artikel

Keutamaan Bulan Muharram

21 Juli 2023 14:14:21  SUPARNO  67 Kali Dibaca  Berita Desa

kiyonten.desa.id - Bulan Muharram yang dimulai pada hari Rabu (19/07/2023) sampai 30 hari kedepan sampai pada kamis (17/08/2023) menurut kalender Masehi merupakan salah satu dari empat bulan suci dalam agama Islam.

Bulan Muharram sebagai salah satu bulan mulia diterangkan dalam surat At-Taubah ayat 36 dan disebutkan dalam sabda Rasullulloh SAW. Sebagaimana  Rasullulloh SAW bersabda yang artinya :

“Sesungguhnya waktu telah berputar sebagaimana mestinya, hal itu ditetapkan pada hari Allah SWT menciptakan langit dan bumi. Dalam setahun ada dua belas bulan, diantaranya ada empat bulan haram (bulan mulia). Tiga berturut-turut yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan al-Muharram, lalu Rajab (yang selalu diagungkan) Bani Mudhar, yaitu antara Jumadil Akhir dan Sya’ban.”

Menurut keterangan dalam Khotbah Jum’at (21/07/2023) di Masjid Nurul Iman Desa Kiyonten, keutamaan bulan Muharram diantaranya adalah bulan yang pertama dalam kalender Hijriyah. Tahun baru Hijriyah terjadi berawal dari sejarah hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekkah ke Madinah.

Hijrah yang telah dilaksanakan diibaratkan sebagai perjuangan monumental yang telah diprakarsai oleh Nabi Muhammad SAW bersama sahabatnya. Tanpa berhijrah, belum tentu ada peradaban islam yang dipimpin Rasulullah dari Madinah, dan tanpa berhijrah, belum tentu ada kemenangan bagi Rasulullah dan sahabatnya. Dengan dasar itulah Umar Bin Khatab menentukan tahun baru Islam melalui sejarah Hijrah Madinah, sehingga Muharram menjadi bulan yang pertama dalam penanggalan Hijriyah.

Selain itu, keutamaan bulan Muharram yang bisa dijadikan sebagai amal Ibadah bagi umat muslim ialah berpuasa di bulan Muharram. Berpuasa di Bulan Muharram hukumnya sunnah, namun puasa Tasu’a dan Asyura merupakan puasa yang mulia setelah puasa di bulan Ramadhan, bahkan sesuai dengan Hadist Riwayat Bukhori menyebutkan bahwa dengan menjalankan puasa Asyura’ bisa melebur dosa selama setahun yang telah lewat. Sedangkan menjalankan puasa Tasu’a dianjurkan Rasulullah agar menjadi pembeda dengan yang dilakukan oleh agama lainnya.

Berdasarkan SKB Tiga Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, 1 Muharram 1445 H jatuh pada Rabu, 19 Juli 2023. Maka, berikut ini jadwal puasa Muharram 2023 :

  • Puasa 9 Muharram (Tasu’a) : Kamis, 27 Juli 2023
  • Puasa 10 Muharram (Asyura) : Jum’at, 28 Juli 2023
  • Puasa 11 Muharram : Sabtu, 29 Juli 2023

Demikianlah keutamaan bulan Muharram, semangat berhijrah yang dilakukan oleh Rasulallah SAW bersama sahabat-sahabatnya dapat di implementasikan dalam kehidupan sekarang yaitu dengan berhijrah meninggalkan segala larangan-larangan Allah SWT menuju ketaatan kepadaNya. Semoga kita bisa menjalankan puasa sunnahnya dan  mengambil berkahnya di bulan Muharram 1445 H.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Legokulon - Kiyonten KM 4,5
Desa : Kiyonten
Kecamatan : Kasreman
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desakiyonten@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:79
    Kemarin:210
    Total Pengunjung:80.039
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.221.112.220
    Browser:Mozilla 5.0