SELAMAT DATANG DI WEBSITE DS.KIYONTEN KEC.KASREMAN KAB.NGAWI <<<< SELAMAT HARI RAYA IDHUL FITRI 1445 H <<<< MINAL AIDIN WAL FAIZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Artikel

Pemerintah Desa Kiyonten Kembali Salurkan BLT DD Triwulan Ke-2 Tahun 2023

12 Juni 2023 14:12:45  SUPARNO  234 Kali Dibaca  Berita Desa

kiyonten.desa.id - Bertempat di Pendopo Kecamatan Kasreman, Pemerintah Desa Kiyonten melalui Bank Jatim salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap ke-2 terhitung dari bulan April, Mei, Juni atau selama 3 bulan sekaligus pada Senin (12/06/2023).

BLT Dana Desa merupakan program jaring pengaman sosial untuk pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Covid-19 telah menimbulkan dampak pada aspek sosial, ekonomi, dan keuangan selain dampaknya terhadap aspek kesehatan masyarakat.

Sesuai dengan Pasal 36 Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa tahun 2023.Calon keluarga penerima manfaat BLT Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35 huruf a diprioritaskan keluarga miskin yang berdomisili di Desa bersangkutan dan terdaftar dalam keluarga desil 1 data pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem. 

Dalam hal Desa tidak terdapat data penduduk miskin yang terdaftar dalam keluarga desil 1 sampai dengan desil 4 data pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, Desa dapat menetapkan calon keluarga penerima manfaat BLT Desa berdasarkan kriteria:

  • Keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili dan diprioritaskan untuk keluarga miskin yang termasuk dalam kategori kemiskinan ekstrem.
  • Kehilangan mata pencaharian.
  • Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis.
  • Keluarga miskin penerima jaring pengaman sosial lainnya yang terhenti baik yang bersumber dari APBD dan/atau APBN.
  • Keluarga miskin yang terdampak pandemi covid-19 dan belum menerima bantuan.
  • Rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia.

Shofyan Bahrul dan Mujianto selaku perangkat desa yang mendampingi penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD menyampaikan bahwa kegiatan penyaluran BLT DD kali ini berjalan dengan lancar tanpa ada kendala suatu apapun. 30 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang tercatat sebagai sasaran, 6 KPM tidak dapat hadir karena sakit sehingga harus diwakilkan dengan membuat surat kuasa dan surat Rekomendasi dari Kepala Desa.

Setelah kegiatan penyaluran selesai, selanjutnya Pemerintah Desa Kiyonten segera menyusun laporan pertanggungjawaban serta laporan realiasi BLT untuk segera dikirim ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ngawi.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Legokulon - Kiyonten KM 4,5
Desa : Kiyonten
Kecamatan : Kasreman
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desakiyonten@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:5
    Kemarin:210
    Total Pengunjung:79.965
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.189.180.76
    Browser:Mozilla 5.0