SELAMAT DATANG DI WEBSITE DS.KIYONTEN KEC.KASREMAN KAB.NGAWI <<<< SELAMAT HARI RAYA IDHUL ADHA 1445 H

Artikel

Pentingnya Kegiatan Posyandu Lansia

05 Maret 2024 10:11:15  SUPARNO  93 Kali Dibaca  Berita Desa

kiyonten.desa.idPosyandu lansia merupakan suatu wadah untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pembinaan kepada kelompok usia lanjut di suatu wilayah dengan melibatkan peran serta aktif masyarakat melalui kader kesehatan dan kerjasama lintas program dan lintas sektor dalam rangka untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat pada umumnya dan kususnya kelompok usia lanjut.

Senin, 04 Maret 2024 bertempat di Pendopo Desa Kiyonten, Petugas kesehatan dari Puskesmas Kasreman bersama dengan Kader Lansia Desa Kiyonten melaksanakan kegiatan Posyandu Lansia dengan sasaran warga kategori Lansia yang berdomisili di Dusun Banjar Desa Kiyonten.

Kegiatan posyandu kali ini meliputi : penyuluhan kesehatan, dan screening lansia (pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat) yang dihadiri oleh ± 45 lansia dari Dusun Banjar.

Bidan Desa Kiyonten, Eka Vira Amd.Keb menuturkan bahwa tujuan dari Posyandu Lansia secara garis besar ialah meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang masuk dalam kategori lansia sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, Posyandu Lansia juga merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan masyarakat kategori Lansia di Desa Kiyonten.

Kegiatan Posyandu Lansia dilakukan setiap bulan dan dilakukan dengan cara bergiliran ke seluruh wilayah Desa Kiyonten. Mekanisme pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan petugas membagikan sejumlah undangan yang akan diedarkan kepada masyarakat kelompok usia lanjut sebelum pelaksanaan kegiatan. Masyarakat yang mengikuti kegiatan ini diwajibkan membawa EKTP serta Kartu BPJS (bagi yang memiliki)

Pelaksanaan kegiatan ini diselenggarakan dengan system 5 meja yang meliputi :

  • Meja 1 : Pendaftaran
  • Meja 2 : Pengecekan tinggi badan, berat badan, lingkar perut, tekanan darah
  • Meja 3 : Pengecekan asam urat, gula darah, kolesterol
  • Meja 4 : Penyuluhan
  • Meja 5 : Pengobatan

Posyandu lansia memiliki peranan penting untuk menjaga kualitas hidup Lansia, karena posyandu lansia merupakan unit pelayanan kesehatan terkecil yang terdekat dan dapat dijangkau dengan mudah oleh Lansia. Pentingnya kegiatan ini, diharapkan pelayanan dan peran aktif masyarakat dapat ditingkatkan sehingga apa yang menjadi tujuan kegiatan ini dapat terwujud.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next