SELAMAT DATANG DI WEBSITE DS.KIYONTEN KEC.KASREMAN KAB.NGAWI <<<< SELAMAT HARI RAYA IDHUL FITRI 1445 H <<<< MINAL AIDIN WAL FAIZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Artikel

Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Pemerintahan Desa dan Penyusunan Produk Hukum Desa

23 November 2023 11:11:09  SUPARNO  59 Kali Dibaca  Berita Desa

kiyonten.desa.id - Bertempat di Hotel Horison yang beralamat di Jl.Kapten Mulyadi No.115 Surakarta, Kasi Pemerintahan serta Kaur Tata Usaha & Umum se-Kecamatan Kasreman mengikuti Bimbingan Teknis terkait pengelolaan arsip pemerintahan Desa dan penyusunan produk hukum Desa pada Selasa-Rabu (14-15/11/2023).

Sesuai undangan Camat Kasreman Nomor :005/697/404.611/2023 yang diterima oleh Pemerintah Desa Kiyonten, para peserta Bimtek diharuskan memakai pakaian batik dan berangkat bersama-sama menuju Surakarta menggunakan bus dengan titik kumpul di halaman kecamatan Kasreman.

Perjalanan menuju Surakarta yang memakan waktu ± 1,5 Jam tidak disia-siakan begitu saja oleh peserta bimtek kali ini. Untuk mengisi waktu luang dalam perjalanan ke Surakarta, tak sedikit dari peserta bimtek memanfaatkan untuk karaoke di dalam bus. Bahkan, Ayik sapaan akrab Camat Kasreman juga menyumbangkan suara emas nya untuk menghilangkan kejenuhan dalam perjalanan.

Setelah menyusuri Tol Trans jawa dan jalanan kota Surakarta, rombongan peserta bimtek tiba di Hotel Horison Aziza sebagai lokasi kegiatan bimbingan teknis kali ini. Setelah run down acara di sampaikan kepada peserta, acara pertama yaitu pembukaan dilanjutkan dengan cooffe break. Acara bimtek dibuka oleh Muhammad Arif Arifin SH, MM dan dalam sambutannya, Ayik menyampaikan pesan kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir dengan nyaman dan relax.

Tepatnya pukul 15.00 WIB, bertempat di ruangan yang telah disediakan oleh Panitia, penyampaian materi bimtek mulai disampaikan. Materi yang pertama yaitu mengenai penyusunan produk hukum desa meliputi Peraturan Desa ( Perdes ), Peraturan Kepala Desa (Perkades), Peraturan Bersama Kepala Desa yang disampaikan oleh Doni Kristiawan, S.IP.

Di sela-sela menyampaikan materi bimtek, Doni Kristiawan mengajak para peserta bimtek untuk berdiskusi serta mengajak peserta untuk mengusir kejenuhan dan rasa kantuk yang melanda setelah melewati perjalanan dari Ngawi. Sesekali ruangan bimtek bergemuruh suara tepukan tangan dan lantunan yel-yel yang menciptakan kemeriahan diruangan bimtek.

Selain materi mengenai penyusunan produk hukum desa, bimtek kali ini juga membahas mengenai pengelolaan kearsipan pemerintahan Desa. Neri sapaan akrabnya merupakan nara sumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi menyampaikan mengenai tata penulisan dan pedoman klasifikasi arsip dilingkungan pemerintah daerah kabupaten Ngawi. Penyampaian materi tersebut didasarkan pada Peraturan Bupati Ngawi Nomor 210 tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Ngawi Nomor 96 Tahun 2022 tentang Pedoman Klasifikasi Arsip.

 

Unduh Lampiran:
PERBUP NOMOR 210 TAHUN 2022

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Legokulon - Kiyonten KM 4,5
Desa : Kiyonten
Kecamatan : Kasreman
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desakiyonten@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:254
    Kemarin:334
    Total Pengunjung:80.548
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.145.178.240
    Browser:Mozilla 5.0