SELAMAT DATANG DI WEBSITE DS.KIYONTEN KEC.KASREMAN KAB.NGAWI <<<< SELAMAT HARI RAYA IDHUL ADHA 1445 H

Artikel

Usai Libur Lebaran, Posbindu Tulip Desa Kiyonten Adakan Skrining Kesehatan

19 April 2024 10:48:23  SUPARNO  65 Kali Dibaca  Berita Desa

kiyonten.desa.idPasca libur panjang Lebaran tahun 2024, Posbindu PTM Tulip Desa Kiyonten bersama Bidan Desa serta Tim Kesehatan Puskesmas Kasreman melakukan skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) yang bertempat di Pendopo Kantor Desa Kiyonten pada Kamis (18/04/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi dini, pemantauan dan tindak lanjut dini faktor resiko Penyakit Tidak Menular secara mandiri dan berkesinambungan. Selain itu, kegiatan ini juga menindaklanjuti secara dini resiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan untuk segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan lebih lanjut.

Bidan Desa Kiyonten, Eka Vira Amd.Keb mengungkapkan bahwa sasaran kegiatan kali ini ialah aparatur pemerintah Desa Kiyonten mulai dari Kepala Desa, Perangkat Desa, Ketua RT dan RW, Kader Desa Kiyonten serta masyarakat sekitar Dusun Banjar Desa Kiyonten.

Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM) kali ini meliputi pengukuran berat badan, tinggi badan, pemeriksaan tekanan darah, gula, amat uraat dan kolesterol. Sunardi, Kades Kiyonten menyampaikan apresiasianya dengan adanya kegiatan ini.

“ Semoga dengan adanya pemeriksaan kesehatan yang rutin diadakan oleh Kader PTM, Bidan Desa beserta Tim dari Puskesmas Kasreman, dapat menjadi edukasi melalui konseling kesehatan serta memantau secara dini resiko PTM, “ Terang Sunardi.

Dengan membawa kartu identitas atau E-KTP dan Kartu BPJS, peserta yang mengikuti kegiatan ini diawali dengan melakukan pendaftaran. Selanjutnya, peserta diarahkan untuk melakukan pemeriksaan awal meliputi berat badan, tinggi badan, lingkar perut dan tekanan darah oleh Kader PTM Desa Kiyonten.

Setelah tahap awal dilakukan, pemeriksaan selanjutnya meliputi pengecakan gula darah, kolesterol, asam urat yang ditangani langsung oleh Tim dari Puskesmas Kasreman. Setelah melewati serangkaian pemeriksaan, tahap akhir ialah konseling kesehatan dan pengobatan yang memungkinkan tanya jawab antara petugas dan peserta untuk mendeteksi sejak dini Resiko PTM.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next