SELAMAT DATANG DI WEBSITE DS.KIYONTEN KEC.KASREMAN KAB.NGAWI <<<< SELAMAT HARI RAYA IDHUL FITRI 1445 H <<<< MINAL AIDIN WAL FAIZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Artikel

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim Di Bulan Suci Ramadan

27 Maret 2024 10:07:45  SUPARNO  31 Kali Dibaca  Berita Desa

kiyonten.desa.idBulan Ramadan merupakan bulan yang memiliki kemuliaan dan keutamaan bagi umat muslim di penjuru dunia. Keberkahan bulan suci Ramadhan dapat diraih dengan berbagai macam ibadah yang dilaksanakan dengan hanya mengharap ridha Allah SWT.

Menurut konsep ibadah, selain ibadah secara langsung kepada Allah SWT atau Hablum minallah, umat muslim juga diperintahkan melaksanakan ibadah dengan cara menjaga hubungan baik sesama manusia atau hablum minannas.

Pada dasarnya, hablum minannas dan hablum minallah sama-sama bertujuan untuk mengharapkan ridha dari Allah SWT. Oleh karena itu, menyeimbangkan hablum minannas dan hablum minallah adalah suatu kebutuhan sekaligus keharusan bagi seluruh umat manusia.

Salah satu ibadah yang tergolong hablum minannas adalah bersedekah kepada anak yatim. Apalagi dibulan Ramadan, menyantuni anak akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda bagi yang melaksanakannya.

Jumadi, Ketua takmir masjid Nurul Iman Desa Kiyonten dalam acara santunan anak yatim dan buka bersama yang digelar pada Selasa (26/03/2024) mengungkapkan bahwa menyantuni anak yatim dibulan Ramadan telah dilaksanakan secara rutin di Masjid Nurul Iman Desa Kiyonten. Selain dibulan Ramadan, kegiatan santunan anak yatim juga dilaksanakan setiap tanggal 10 Muharram.

Menurut panitia acara, kegiatan santunan anak yatim kali ini diikuti sejumlah 15 anak yatim yang tersebar di wilayah Desa Kiyonten. Di koordinir panitia, acara inti santunan anak yatim berlansung ± 15 menit yang diberikan langsung oleh para donator secara bergantian. Diriingi pujian shalawat, para donator berjalan berurutan memberikan sedekahnya.

Setelah acara inti selesai, anak yatim berjalan menghampiri seluruh jamaah yang hadir dengan bersalaman. Hal itu merupakan ungkapan rasa terima kasih kepada seluruh donator dan jamaah yang telah berbagi rezeki kepada anak yatim. Kegiatan berjalan dengan penuh rasa haru bahkan tak sedikit para donator dan jamaah yang hadir meneteskan air matanya.

Sementara itu, sambil menunggu tiba waktunya berbuka puasa, H.Wakid Prayitno memberikan siraman rohani kepada seluruh jamaah yang hadir. Dalam tausiyahnya, pak Wakid sapaannya mengingatkan kepada seluruh jamaah tentang pentingnya menjalankan sholat 5 waktu yang telah menjadi perintah wajib bagi umat muslim.

Tak lupa, H.Wakid Prayitno juga menyampaikan beberapa keutamaan menyantuni anak yatim yang juga termuat dalam Al-qur’an dan Hadist. Beberapa keutamaan menyantuni anak yatim di bulan Ramadan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mendapat Pahala Karena Menyayangi Sesama 

Menyayangi anak yatim di bulan Ramadhan akan mendatangkan pahala untuk kita. Sebab hal tersebut dapat membuat Allah turut menyayangi kita serta dijauhkan dari segala perbuatan buruk. Apabila hal ini dilakukan secara terus-menerus selama bulan Ramadhan, maka kita akan mendapat kasih sayang dari Allah. 

2. Dihapuskan Dosanya oleh Allah 

Muslim meriwayatkan “Sedekah itu tak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.”  

Dengan melihat penjelasan tersebut, kita tahu bahwa menyantuni anak yatim di bulan Ramadhan senantiasa diangkat derajatnya oleh Allah SWT. 

3. Menjalankan Sunnah Rasul 

Menyantuni anak yatim berarti kita turut menjalankan salah satu amalan yang disunnahkan oleh Rasulullah, khususnya di bulan Ramadhan. Sebagai umat muslim, kita mengetahui bahwa Rasulullah bukanlah seseorang yang hidup dengan bergelimang harta. Namun, beliau tetap membantu sesama dengan apa yang beliau miliki. Sebab itu, menyantuni anak yatim adalah keutamaan yang dimuliakan Allah. 

4. Tercukupi Segala Kebutuhan 

Menyantuni anak yatim di bulan Ramadhan dengan bersedekah, tidak menyebabkan seseorang menjadi kekurangan harta. Di samping itu, Allah SWT berjanji bahwa harta yang diberikan kepada anak yatim nantinya akan digantikan dengan sesuatu yang lebih baik. Sesuatu tersebut akan membuat segala kebutuhan tercukupi, terhindar dari siksa neraka dan segala kekurangan. 

Diriwayatkan oleh Abu Ya’la dan Thabrani, Shahih At Targhib Al Albani bahwa: “Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim di antara dua orang tua Muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.”

5. Merupakan Amal Kebaikan yang Sempurna 

Tidak hanya berpuasa ataupun yang lainnya, menyantuni anak yatim juga dapat dilakukan untuk menggapai ibadah yang sempurna. Tentu saja hal tersebut harus dilaksanakan dengan keikhlasan. 

Lebih jelas ditegaskan dalam surah Al-Baqarah ayat 20, yang artinya: “Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakan lah “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik,” (QS. Al-Baqarah [2]: 220).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Legokulon - Kiyonten KM 4,5
Desa : Kiyonten
Kecamatan : Kasreman
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desakiyonten@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:103
    Kemarin:213
    Total Pengunjung:79.853
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.221.222.47
    Browser:Mozilla 5.0