SELAMAT DATANG DI WEBSITE DS.KIYONTEN KEC.KASREMAN KAB.NGAWI <<<< SELAMAT HARI RAYA IDHUL FITRI 1445 H <<<< MINAL AIDIN WAL FAIZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Artikel

Menjelang Hari Raya Idul Adha, Pedagang Hewan Qurban Banjir Pesanan

19 Juni 2023 13:36:04  SUPARNO  83 Kali Dibaca  Berita Desa

kiyonten.desa.id - Hari Raya Idhul Adha atau sering dikenal sebagai Hari Raya Haji merupakan salah satu Hari Raya Umat Islam yang bertepatan pada tanggal 10 Dzulhijjah dalam kalender Hijriyah, yaitu dimana kaum muslim yang sedang menunaikan ibadah haji sedang melaksanakan  Wukuf di Arafah.

Selain dikenal Hari Raya Haji, Idhul Adha juga dikenal sebagai Hari Raya Qurban. Sejarah qurban tak lepas dari peristiwa pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS. Diceritakan, Nabi Ibrahim bermimpi bahwa Allah memerintahkan dia untuk mengorbankan putra satu-satunya, Ismail. Dalam pengabdiannya kepada Allah, Ibrahim setuju untuk mengikuti mimpinya dan melakukan pengorbanan dengan menyembelih Ismail.

Namun, saat hendak menyembelih, Allah turun tangan dan mengirimkan seekor domba jantan untuk dikorbankan menggantikan Ismail. Ismail selamat karena Ibrahim membuktikan bahwa dia akan mengorbankan putranya sebagai bukti ketaqwaan kepada Allah SWT.

Dalam penanggalan masehi, perayaan Hari Raya Idhul Adha setiap tahunnya mengalami perbedaan. Pada tahun ini, Pemerintah telah menetapkan tanggal 10 Dzulhijjah atau pelaksanaan Hari Raya Qurban jatuh pada hari Kamis, tanggal 29 Juni 2023 melalui sidang Isbat pada hari Minggu (18/06/2023).

Dalam rangka merayakan Hari Raya Idhul Adha dan sebagai bentuk ketaqwaan umat muslim kepada Allah SWT, umat muslim bergerak cepat dalam mencari dan memilih hewan Qurban yang akan dikurbankan. Hal itu menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang sapi dan kambing diwilayah Desa Kiyonten pada khususnya.

Menjelang Hari Raya Idhul Adha atau Hari Raya Kurban, penjualan sapi dan kambing sebagai hewan qurban di wilayah Desa Kiyonten mulai menggeliat. Hal itu disampaikan oleh Mujianto (Kaur Kesejahteraan Desa Kiyonten) yang juga berprofesi sebagai pedagang hewan sapi dan kambing.

Mujianto mengungkapkan bahwa tren penjualan sapi dan kambing sudah mulai menunjukkan peningkatan sejak sepekan yang lalu.

“ Pembeli yang datang sejauh ini merupakan takmir masjid diwilayah kecamatan kasreman, rata-rata mereka membeli sapi untuk persiapan hari raya idhul qurban nantinya, “ terang Mujianto.

Mujianto menambahkan bahwa pembeli yang datang ke lapaknya tidak hanya berasal dari wilayah Desa Kiyonten, namun juga ada banyak pembeli yang berasal dari luar desa bahkan luar Kabupaten. Selain itu, Mujianto menerangkan bahwa kisaran harga yang menjadi incaran pembeli antara 19-20 jutaan untuk seekor sapi dan 2,5-3 jutaan untuk seekor kambing.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Legokulon - Kiyonten KM 4,5
Desa : Kiyonten
Kecamatan : Kasreman
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desakiyonten@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:84
    Kemarin:213
    Total Pengunjung:79.834
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.220.160.216
    Browser:Mozilla 5.0