SELAMAT DATANG DI WEBSITE DS.KIYONTEN KEC.KASREMAN KAB.NGAWI <<<< SELAMAT HARI RAYA IDHUL ADHA 1445 H

Artikel

Memaknai Perayaan Hari Raya Idhul Adha 1445

17 Juni 2024 15:44:56  SUPARNO  70 Kali Dibaca  Berita Desa

kiyonten.desa.id -Warga Desa Kiyonten merayakan Hari Raya Idhul Adha atau Hari Raya Qurban tahun 1445 H atau Tahun 2024 serentak pada Senin (17/06/2024). Hal itu sesuai dengan keputusan pada sidang Isbat yang dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementrian Agama.

Sidang Isbat yang dihadiri oleh tokoh-tokoh agama dan lembaga terkait telah menetapkan 1 Zulhijah 1445 Hijriah jatuh pada Sabtu, 08 Juni 2024 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Hari Raya Idhul Adha yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Zulhijah jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Idhul Adha merupakan salah satu momen dimana umat islam memperingati peristiwa qurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim As bersedia mengorbankan putra semata wayangnya atas perintah Allah SWT melalui mimpinya. Atas dasar ketaatannya, sebelum Nabi Ibrahim menyembelih putranya, Allah SWT memberikan pertolongan dengan mengganti putranya dengan seekor domba untuk disembelih.

Seperti halnya hari perayaan pada umumnya, Idul Adha juga memiliki makna mendalam bagi kehidupan umat muslim. Setidaknya ada tiga makna yang menyertai perayaan Hari Raya Idul Adha, yaitu:

1. Momen pelaksanaan ibadah haji

Hari Raya Idul Adha merupakan momen puncak ibadah haji. Haji sendiri merupakan rukun Islam kelima di mana wajib dilakukan oleh seorang muslim yang mampu melaksanakannya.

2. Perintah Allah SWT kepada manusia untuk berkurban

Melalui kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Islami, Allah SWT memerintahkan umat manusia untuk menunaikan ibadah kurban. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kebersamaan dan ajaran untuk berbagi terhadap sesama manusia

3.Turunnya wahyu terakhir dari Allah SWT untuk Rasulullah SAW

Jika Idul Fitri merupakan momen turunnya wahyu pertama Allah SWT kepada Rasulullah, maka Idul Adha adalah momen yang dipilih Allah SWT untuk menurunkan wahyu terakhir kepada Nabi SAW. Wahyu tersebut berbunyi:

"Alyauma akmaltu lakum diinakum, waatmamtu 'alaikum ni'matii waradliitu lakumul Islaama diinaa."(QS. Al-Ma'idah :3)

Artinya: "Pada hari ini telah aku sempurnakan bagimu agamamu dan telah aku sempurnakan nikmatku atasmu dan Aku rela Islam sebagai agama bagimu."

Setelah pelaksanaan Sholat Idhul Adha, jamaah sholat Ied bergegas kembali menuju masjid untuk melakukan penyembelihan hewan Qurban. Pada umumnya di Desa Kiyonten, hewan qurban yang disembelih pada hari raya Idhul Adha ialah sapi dan kambing. Menurut data yang berhasil dihimpun Pemerintah Desa Kiyonten, tercatat hewan qurban di Desa Kiyonten berjumlah 66 Hewan Qurban yang terdiri dari 3 sapi dan 63 kambing.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next