SELAMAT DATANG DI WEBSITE DS.KIYONTEN KEC.KASREMAN KAB.NGAWI <<<< SELAMAT HARI RAYA IDHUL FITRI 1445 H <<<< MINAL AIDIN WAL FAIZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Artikel

Pesona Benteng Van Den Bosch

03 Februari 2023 13:46:12  SUPARNO  327 Kali Dibaca  Berita Ngawi

https://kiyonten.desa.id - Berkunjung ke kota Ngawi, kurang asyik jika tidak singgah ke tempat-tempat hits yang kini populer di media sosial. Kota Ngawi selain menjadi surga bagi para pecinta kuliner, juga memiliki tempat-tempat yang menarik dan sangat disayangkan jika terlewatkan untuk dikunjungi. Selain tempat wisata keluarga, kota Ngawi juga memiliki spot yang instagramable bagi para Traveller.

Benteng Van Den Bosch atau dikenal warga Ngawi dengan nama Benteng Pendem merupakan salah satu destinasi menarik yang memiliki nilai sejarah pada masa Kolonial Belanda. Menurut sejarah, Benteng Van Den Bosch dibangun oleh Belanda pada abad ke-19. Bangunan yang terletak di Desa Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi ini dibangun oleh Belanda bertujuan untuk mempertahankan kedudukannya sekaligus menjaga jalur perdagangan di Jawa timur.

Benteng Van Den Bosch dibangun diatas lahan seluas 15 Hektar dengan ukuran bangunan 165 M x 80 M. Pembangunan selesai pada tahun 1845 dan digunakan sebagai hunian bagi 250 tentara Belanda dan 60 Kavaleri yang dipimpin oleh Johannes Van Den Bosch.

Setelah Pemerintah memutuskan untuk merehabilitasi melalui intruksi Presiden kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Rehabilitasi Benteng Pendem Ngawi dikerjakan sejak 10 Desember 2020 dengan melibatkan Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Timur dan dilaksanakan oleh kontraktor PT. Nindya Karya (persero) Tbk dengan nilai kotrak Rp.113,7 M. Setelah melawati proses rehabilitasi, kini Benteng Van Den Bosch tampah gagah dan mempesona. Bagi Sobat yang mau berkunjung, Sobat hanya butuh Rp.5.000 saja untuk menikmati keindahan Benteng Van Den Bosch dengan gaya Arsitektur khas Eropanya.

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next