SELAMAT DATANG DI WEBSITE DS.KIYONTEN KEC.KASREMAN KAB.NGAWI <<<< CEGAH STUNTING, ITU PENTING <<<< PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT

Artikel

Giat Rutinan Malam Jum’at Dengan Membaca Surat Yasin dan Tahlil

20 Januari 2023 10:28:34  Administrator  41 Kali Dibaca  Berita Desa

https://kiyonten.desa.id - Membaca surat Yasin dan Tahlil setiap malam Jum’at telah mengakar dalam tradisi umat Muslim di Indonesia. Kegiatan ini umumnya dikhususkan untuk mengirim doa bagi orang-orang yang telah meninggal dunia, sekaligus menjadi amalan yang berpahala bagi yang membacanya.

Seperti halnya Umat Muslim di wilayah Desa Kiyonten pada umumnya yang tergabung dalam Jamaah Yasin yang berada di Dusun Kiyonten pada khususnya, setiap dua minggu sekali di hari kamis malam jum’at secara rutin mengadakan acara membaca surat Yasin dan Tahlil secara bergilir dari masing-masing rumah jamaah.

Surat Yasin sendiri dijuluki sebagai “jantung” Alquran. Oleh sebab itu Rasulullah SAW menganjurkan agar umatnya memperbanyak bacaan surat Yasin, tidak terbatas pada hari Jumat saja. Dari Anas, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya bagi setiap perkara ada intinya (hati) dan inti dari Alquran adalah surat Yasin. Dan barangsiapa membaca surat Yasin, Allah menuliskan dari bacaannya sebanyak 10 kali membaca Alquran”.

Sementara itu kalimat tahlil yang berbunyi laa ilaaha illallaah (tiada Tuhan selain Allah) merupakan penegasan seorang Muslim bahwa Allah Maha Esa dan tidak ada satupun yang menandinginya. Karenanya, kalimat ini banyak digunakan sebagai dzikir untuk mengagungkan Allah SWT.

Kegiatan yang dilakukan selepas waktu Isya’ ini, sudah lama menjadi kegiatan rutin bagi masyarakat di Desa Kiyonten. Kegiatan ini selain bertujuan untuk mendoakan para leluhur juga sebagai wadah untuk mempererat Ukhuwah Islamiyah.

Seperti kegiatan lainnya, kegiatan pembacaan surat Yasin dan Tahlil dimulai dengan sambutan dari tuan rumah atau yang bertempatan. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat Yasin dan Tahlil secara berjamaah. Dan selanjutnya di isi dengan Kultum, dan ditutup dengan ramah tamah.

Dalam pertemuan di awal tahun, Jumadi selaku Ketua Takmir Masjid Nurul Iman dalam materi kultumnya mengajak kepada Jamaah Yasin khususnya untuk intropeksi diri untuk bekal memperbaiki diri.

" Semoga di tahun ini, lebih baik lagi dari tahun lalu, khususnya mengenai kewajiban kita sebagai umat muslim kepada Allah SWT ", tambah Jumadi.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Statistik Penduduk

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Legokulon - Kiyonten KM 4,5
Desa : Kiyonten
Kecamatan : Kasreman
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desakiyonten@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:62
    Kemarin:40
    Total Pengunjung:11.787
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.93.74.25
    Browser:Tidak ditemukan